Lion Parcel dan JNE Angkat Bicara soal Dampak Pajak Impor E-commerce

Lion Parcel dan JNE Angkat Bicara soal Dampak Pajak Impor E-commerce

Lion Parcel dan JNE Angkat Bicara soal Dampak Pajak Impor E-commerce

Pemerintah telah menerbitkan aturan mengenai impor produk melalui e-commerce dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 199 Tahun 2019. Peraturan tersebut secara resmi akan diterapkan pekan ini, 30 Januari 2020.

ADVERTISEMENT

Aturan itu merupakan revisi dari PMK Nomor 182/PMK.04/2018 tentang Ketentuan Impor Barang Kiriman.

Salah satu revisi yang dilakukan yaitu pada poin nilai pembebasan (de minimis) atas barang kiriman impor, dari sebelumnya USD 75 atau Rp 1.050.000 (kurs Rp 14.000) menjadi USD 3 atau Rp 42.000 per kiriman atau consignment note.lionparcel,JNE,co,id,JNT,co,id,Posindonesia

CEO Lion Parcel, Farian Kirana, angkat bicara terkait aturan baru tersebut. Dia mengaku mempersiapkan operasional yang matang untuk mengantisipasi dimulainya PMK yang baru mengenai pengiriman kategori de minimis dari Wilayah Batam.

Sebab, sebagian besar pengiriman dilakukan melalui Mitra Point of Sales yang menerima dari Online Seller atau via Marketplace yang telah bekerja sama dengan Lion Parcel.

"Mengingat implementasi PMK yang baru mengenai batas de minimis berlaku serentak per 30 Januari 2020, maka Lion Parcel melakukan penyesuaian waktu penerimaan barang kiriman dengan batas waktu pemeriksaan Bea Cukai di TPS (Tempat Penimbunan Sementara) sebelum diangkut menggunakan pesawat udara melalui Bandara Hang Nadim Batam," kata Farian dalam keterangan tertulis yang diterima ku"Mengingat implementasi PMK yang baru mengenai batas de minimis berlaku serentak per 30 Januari 2020, maka Lion Parcel melakukan penyesuaian waktu penerimaan barang kiriman dengan batas waktu pemeriksaan Bea Cukai di TPS (Tempat Penimbunan Sementara) sebelum diangkut menggunakan pesawat udara melalui Bandara Hang Nadim Batam," kata Farian dalam keterangan tertulis yang diterima kumparan, Senin (27/1).

 

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar