Pengertian dan Cara Kerja Jasa Ekspedisi

Pengertian dan Cara Kerja Jasa Ekspedisi

Pengertian dan Cara Kerja Jasa Ekspedisi

 

Pengertian dan Cara Kerja Jasa Ekspedisi

Pengertian Jasa Expedisi

Menurut Kamus Besar Bahasa indonesia (KBBI) banyak sekali pengertian tentang ekspedisi diantaranya adalah pengiriman surat, barang, dan sebagainya; atau perusahaan pengangkutan barang dan masih banyak pengertian-pengertian lainnya.

Dengan pengertian-pengertian diatas kita bisa simpulkan pengertian jasa ekspedisi adalah perusahaan yang bergerak dibidang pengiriman barang baik pengiriman melalui jalur darat,  jalur air atau jalur udara dan memberikan pelayanan secara efektif dan efesien guna memenuhi kepuasan pelanggan yang akan mengirim barangnya. contoh perusahaan cargo di jakarta/perusahaan jasa pengiriman yang ada seperti, jasa cargo jakarta, j&t express, JNE,  dan masih banyak yang lainnya.

Prosedur Pengiriman barang

Pada setiap  perusahaan penyedia jasa ekspedisi barang mempunyai peraturan atau prosedur yang berbeda-beda, ada yang prosedurnya sangat mudah dan ada juga yang agak rumit. terkadang dengan prosedur yang agak rumit biasanya barang yang akan kita kirim lebih aman dibanding yang prosedurnya mudah. tidak menutup kemungkinan juga yang prosedurnya mudah juga bisa saja memberikan pelayanan yang memuaskan. Intinya dalam memilih perusahaan penyedia jasa ekspedisi anda harus teliti. carilah yang sudah anda percayai dan sudah terbukti melakukan ratusan bahkan ribuan pengiriman dengan baik. data-data tersebut bisa anda dapat dari pelanggan-pelanggannya yang sudah sering melakukan pengeriman melalui perusahaan tersebut.

Cara Kerja Jasa Expedisi

Untuk cara kerja perusahaan jasa ekspedisi barang terbagi menjadi beberapa tahap yaitu:

1. Barang yang akan dikirim

Barang-barang yang akan dikirim tentu saja harus yang tidak melanggar hukum dan sesuai peraturan perusahaan tersebut yang dapat dikirimkan.

2. Pengemasan Barang /Packing

jenis dan kekuatan packing sangat berpengaruh terhadap barang yang akan dikirim, apakah barang tersebut bisa selamat tanpa kerusakan yang berarti ataukah tidak. selain itu  jenis barang (pecah belah, cairan, makanan, dan sebagainya) yang akan dikirim juga harus diperhatikan, karena ada beberapa jasa pengiriman barang yang tidak mau mengangkut barang pecah belah jika packing yang kita buat tidak kuat.

3. Pengurusan surat-surat

yang dimaksud pengurusan surat-surat disini yaitu izin dan administrasi dari bea cukai dan pihak lain yang bersangkutan. Dalam hal ini biasanya pihak penyedia jasa ekspedisi lah yang akan mengurusnya dan meminta dokumen-dokumen ke anda yang dibutuhkan.

4. Moda transportasi yang digunakan

 

Tips melakukan Pengiriman Barang

sebelum Melakukan pengiriman barang sebaiknya anda memperhatikan beberapa tips dibawah ini

1. Kenali syarat dan Ketentuan Perusahaan Penyedia Jasa Expedisi

sebelum anda memutuskan untuk mengirimkan barang ada baiknya anda mengenali perusahaannya dulu dengan detai. Bila perlu anda harus tanya-tanya pada konsumen sebelumnya apakah memuaskan atau tidak. untuk daerah bali direkomendasikan jasa  ekspedisi jakarta bali.

2. Gunakan Perlindungan Extra

jika barang jualan  anda berupa produk fashion seperti baju, celana, sepatu, jilbab, mungkin tidak perlu mengkhawatirkan kerusakan selama pengiriman karena ketahanan produknya. namun jika mengirimkan produk elektronik maka membutuhkan proteksi ekstra.jika memiliki kemasan aslinya, gunakan kemasan asli tersebut karena biasanya sudah di desain sedemikian rupa oleh pabrik untuk menjaga keamanan barang didalamnya.

3. Asuransikan Barang Kiriman

sebelumnya harus menginformasikan dengan benar merek, nilai (harga), dan detail lain mengenai produk. ada baiknya tidak membungkus rapat terlebih dahulu barang yang akan dikirim dengan asuransi, karena beberapa perusahaan pengiriman akan melihat langsung barang hingga kedalam kotaknya.

4. Buat Kebijakan yang Jelas dengan Konsumen.

JNE atau perusahaan pengiriman apapun hanyalah jembatan antara jasa pengiriman dan konsumen. ada baiknya  mempersiapkan semacam kebijakan mengenai apa yang dilakukan  jika ternyata barang yang tiba di tangan konsumen rusak atau malah tidak pernah tiba sama sekali alias hilang. semakin detail ketentuan yang  dibuat, semakin akan terbebas dengan masalah hubungan dengan konsumen di masa depan. salah satu yang membuat customer service yang baik adalah kesepakatan yang jelas antara penjual dengan pembeli diawal.

Komentar

Belum Ada Komentar

Tambahkan Komentar