Risiko dan Solusi yang Dihadapi Perusahaan Jasa Pengiriman Barang
Perusahaan jasa pengiriman
barang sangat dibutuhkan masyarakat di era globalisasi ini. Baik untuk
kepentingan antar kantor, instansi, ataupun individu. Maraknya toko online
menjadi salah satu keuntungan tersendiri bagi perusahaan jasa pengiriman barang,
perusahaan cargo dijakarta, jasa cargo jakarta, dan ekspedisi di
jakarta. Oleh sebab itu semakin banyak perusahaan baru yang terjun
pada jasa pengiriman barang. PT Pos Indonesia sebagai perusahaan pengiriman
barang paling lama berdiri di Indonesia kini harus bersaing dengan JNE, TIKI, Wahana, jet express ,j&t express dan lain sebagainya.
Meskipun begitu, jasa pengiriman barang masih cukup terbuka lebar utamanya di daerah perkotaan. Anda yang tertarik terjun pada usaha pengiriman barang, harus memahami terlebih dahulu risiko-risiko yang harus dihadapi. Dengan begitu Anda bisa menemukan solusi dengan cepat dan tepat. Berikut kami rangkum Risiko dan Solusi mendirikan perusahaan jasa pengiriman barang.
1.SDM
Risiko SDM yang kurang handal bisa terjadi dalam setiap
perusahaan. Dalam sebuah perusahaan, sumber daya manusia adalah aset yang
paling berharga. Oleh sebab itu perusahaan selalu memberikan pelatihan baru
secara rutin untuk menambah skill dan keahlian pekerjanya. Di bidang pengiriman
jasa, SDM yang berperan dari teller, kurir pengantar barang, dan pimbinan
cabang, dan pimpinan pusat harus benar-benar menguasai pekerjaan mereka dengan
cepat dan tepat sasaran. Oleh sebab itu, rekruitmen karyawan, training, dan
pengembangan SDM perusahaan harus benar-benar diperhatikan.dalam kurir pun
dibuat sistem yang canggih contohnya kurir online jakarta dan kurir express jakarta yang memudahkan.
2. Persaingan Usaha
Risiko persaingan usaha perlu menjadi pertimbangan perusahaan jasa pengiriman. Peluang usaha jasa pengiriman sangat luas dan digemari para pengusaha saat ini. Sehingga persaingan usaha pun semakin ketat. Masing-masing perusahaan jasa pengiriman memberikan layanan terbaik dengan harga bersaing untuk menarik konsumen.
Solusi tepat untuk persaingan usaha jasa pengiriman adalah
dengan meningkatkan pelayanan kepada konsumen. Memberikan pelayanan pengiriman
yang memuaskan atas barang mereka adalah keinginan konsumen. Oleh sebab itu,
tingkatkan terus pelayanan.
3. Kesalahan Pengiriman
Risiko kesalahan mengirim dan keterlambatan barang paling sering terjadi pada
perusahaan jasa pengiriman. Hal ini dikarenakan alamat kirim yang terlalu jauh
ke pelosok atau tidak ada nomor telepon yang dicantumkan. Solusi yang harus
dilakukan perusahaan pengiriman barang adalah dengan melakukan kontak langsung
pada penerima barang agar tidak ada kasus salah kesalahan kirim.
4. Kerusakan Barang
Jenis barang yang mudah hancur, pecah dan bahkan meledak adalah risiko dalam jasa pengiriman. Konsumen sendiri sering kali tidak mengatakan dengan jujur isi barang untuk mengurangi harga sehingga pengepakan paket dilakukan seperti barang pada umumnya. Pengiriman barang antar perusahaan melalui udara, atau pengiriman antar negara melalui laut, tentunya memiliki risiko kirim yang sangat besar.
Untuk pengiriman paket berharga dan barang-barang dengan jumlah besar diperlukan perlindungan khusus yang bisa mencegah Anda ataupun perusahaan Anda dari kerugian besar. Oleh sebab itu perusahaan pengiriman barang melakukan kerjasama dengan pihak asuransi untuk mengurangi risiko kerugian yang bisa terjadi pada saat pengiriman.
5. Pencurian dan Kebakaran
Terjadinya pencurian dan kebakaran di area gudang penyimpanan paket dan barang kiriman bisa terjadi. Risiko yang akan ditanggung oleh perusahaan pengiriman tentunya sangat besar. Untuk mengurangi risiko terhadap konsumen yang diakibatkan pencurian dan kebakaran, pihak perusahaan jasa pengiriman bekerjasama dengan asuransi untuk melindungi barang konsumen dari kerugian. Dengan adanya rasa perlindungan yang diberikan oleh pihak asuransi, maka konsumen bisa merasa aman dengan barang berharga yang dikirimnya.
Demikian penjabaran tentang risiko dan solusi tepat untuk mendirikan perusahaan
jasa pengiriman. SDM yang berkualitas, pelayanan prima dan perlindungan
terhadap barang kiriman akan memberikan keamanan dan kepuasan pada pelanggan
perusahaan jasa pengiriman. Di tengah ketatnya persaingan jasa pengiriman,
kelima risiko dan solusi diatas adalah jawaban tepat untuk memulai usaha jasa
pengiriman.
Komentar
Belum Ada Komentar